Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WEBINAR MICROSOFT 365 BERSAMA GURU & KS DI KABUPATEN SUMENEP.

      
Microsoft 365 adalah produk layanan berlangganan yang ditawarkan oleh microsoft sebagai bagian dari lini produk Microsoft Office. Secara umum, fasilitas Microsoft 365 terdiri dari perangkat lunak Microsoft serta perangkat lunak berbasis komputasi awan sebagai produk layanan untuk lingkungan bisnis, seperti Hosting Exchange, Server, Skype for Business Server, dan SharePoint ditambah opsi tambahan layanan Window 10 Enterprise. Semua paket Microsoft 365 diperbaharui otomatis tanpa biaya tambahan. Wikepedia.

Berangkat dari keingintahuan dan tuntutan keadaan sebagian Guru dan  Kepala Sekolah  berkumpul dalam satu wadah belajar bersama dalam Program WEBINAR PENGGUNAAN MICROSOFT OFFICE 365 dengan dipandu oleh Trainer MOH. SALEHORMAN, S.Pd. M.Pd,  NGUMPRIYATUN, M.Pd dan RUSLIYANTO, S.Pd.,M.M.
  
Pelaksanaannya dijadwalkan tanggal 5-7 Juli 2020. Sambutan Guru-guru dan Kepala Sekolah di Kabupaten Sumenep ternyata luar biasa, bahkan peserta ada yang dari luar Sumenep. Pesertanya sampai mencapai  120 orang.

Berhubung pendaftar diluar dugaan  maka pelaksanaan tertunda hingga tanggal 6 Juni 2020 baru bisa dimulai karena terkendala dengan pembuatan akun  yang diberikan secara gratis kepada semua peserta oleh Microsoft. Akun @guruinovatif.com yang bisa mengakses masuk ke Microsoft 365.


Adapun  materi Webinarnya adalah Microsoft Teams, Microsoft Form, Microsoft One Drive dan Microsoft Sway. Materi ini sebenarnya sudah tidak asing bagi orang yang sudah biasa  menggunakan Microsoft Office  di versi-versi  sebelumnya seperti Microsoft  Office 2007, 2010, 2013 kecuali Microsoft TEAMS.

Kalau penulis boleh bandingkan dengan aplikasi yang ada di Google, aplikasi Microsoft Teams ini sama dengan Google Classroom, Microsoft Form dengan Google Form dan  Microsoft One Drive dengan Google drive dengan kelebihan dan kekurangannya. Sedangkan Microsoft Sway adalah pengembangan dari Microsoft Office Power Point. 

Keempat materi ini diperlukan untuk membangun sebuah sistem pengelolaan pembelajaran yang terintegrasi secara daring melalui aplikasi untuk melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ). Sebagai sebuah LMS ( Learning Management System ) Microsoft Teams memberikan alternatif pilihan kepada kita  untuk mendukung interaksi  antara guru dan siswa dalam kelas virtual agar berjalan secara optimal.

Pilihan lain yang setara, kita bisa juga menggunakan Google Classroom, sebuah aplikasi berbasis web yang dikembangkan oleh Google. Sebagai sebuah pilihan berarti tergantung kepada kita,  seberapa jauh kita menguasai ilmunya dan mengimplentasikan dalam PJJ yang dilaksanakan secara daring. 

Tahun Pelajaran 2020-2021 sudah diambang pintu sementara pandemi Covid-19 masih berlangsung, semoga upaya kita menimba ilmu baru ini dari Microsoft bermanfaat untuk kita dan anak-anak kita di Sekolah.

(WEBINAR hari ke II Tanggal 8 Juli 2020)
NUR HAKIM
NUR HAKIM Fokus adalah bagian dari kiat sukses

2 komentar untuk "WEBINAR MICROSOFT 365 BERSAMA GURU & KS DI KABUPATEN SUMENEP."

Template Blogger Terbaik Rekomendasi