Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PELATIHAN PJJ DENGAN CLASSROOM

      
Tahun Pelajaran 2020-2021 baru saja dimulai, tepatnya pada tangal 13 Juli 2020. Namun lagi-lagi PJJ harus dilaksanakan karena penyebaran Virus Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. Dengan tetap berpedoman kepada Surat Edaran Sesjen Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 dan SKB 4 Mentri Nomor 01/KB/2020, Nomor 516 Tahun 2020, Nomor HK 01.03 /Menkes 363/2020, Nomor 440-382 Tahun 2020 maka praktis sekolah tingkat SD masih harus menunggu tanggal 14 September 2020 baru bisa mengadakan Pembelajaran Tatap Muka ( PTM ). Itupun jika situasi memungkinkan. Jika pandemi virus ini kedepan masih terus meningkat bisa jadi Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) terus dipertahankan sebagaimana yang sudah terjadi seperti bulan-bulan kemaren.
       
Dilain pihak 'kesiapan' guru-guru sebagai pelaksana terdepan PJJ masih belum beranjak dari 'tidur panjang' pemahaman yang sempit bahwa PJJ adalah sebaran tugas-tugas yang harus diselesaikan anak dirumah. Pemahaman bahwa PJJ merupakan 'perpindahan' PTM dari sekolah kerumah masih belum dipahami sepenuhnya.  Bagaimana mengelola kelas virtual dengan mengunakan LMS ( Learning Management System ) seperti Classroom (Google), Teams (Microsoft 365)  sebagaimana yang diharapkan Pemerintah sesuai dengan Surat Edaran diatas belum bisa dilaksanakan. 
   
Berangkat dari keprihatinan terhadap situasi itulah kami bergerak bersama, belajar bersama  Guru SDN Kebunagung II mempelajari 'Classroom' sebuah aplikasi  gratis berbasis web dari Google. Pelaksanaannya dari tanggal 16 Juli s.d 18 Juli 2020 setiap hari kerja di sekolah dengan tetap memperhatikan aturan protokol kesehatan. Waktu bisa diperpanjang sesuai kebutuhan. Kami bertekat untuk 'be able', soal dapat diterapkan itu hal lain. Yang penting tahu ilmunya, jalannya akan ditunjukkan dikemudian hari. 

Tantangannya memang tidaklah mudah. Ada sebagian guru untuk membuat email saja belum bisa. Belum lagi masalah  perkomputasian yang rata-rata kemampuannya masih sangat minim. Yang lebih parah lagi adalah  sikap skeptis sebagian guru bahwa 'Classroom' ini  tidak mungkin bisa terlaksana mengingat  sarana dan prasarananya serta  sikon  siswa, guru dan orangtua/wali murid  saat ini yang memang serba 'terbatas'. Banyak jalan menuju Roma. Dimana ada kemauan disitu ada jalan.
NUR HAKIM
NUR HAKIM Fokus adalah bagian dari kiat sukses

3 komentar untuk "PELATIHAN PJJ DENGAN CLASSROOM "

  1. bagus lanjutkan Bos, jangan menyerah dengan keadaan berikan yang terbaik kepada anak didik kita

    BalasHapus
  2. Terimakasih komentar dan dukungannya.
    Mencoba berbagi dari secuil ilmu yang saya peroleh di BBC.
    Tepatnya bukan pelatihan...tetapi belajar bersama. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
Template Blogger Terbaik Rekomendasi