Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WYSIWYG

Apa itu WYSIWYG?

Ketika saya berselancar di internet browsing tentang HTML saya menemukan istilah WYSIWYG. Setelah dibaca ternyata adalah singkatan dari What You See Is What You Get. Jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia  mempunyai arti apa yg kamu lihat adalah apa yang kamu dapatkan.

WYSIWYG adalah sebuah istilah dalam perkomputasian yang digunakan untuk menggambarkan suatu sistem dimana konten yang sedang disunting akan terlihat sama persis dengan outputnya. Hasilnya  bisa berupa  dokumen cetak, halaman web, slide presentasi dll. 

Bagi saya orang yang baru mengenal dunia web istilah ini adalah hal yang manarik. Tapi bukan pada masalah perkomputasiannya. Asosiasi saya   malah justru tertuju kepada prilaku keseharian kita yang tidak terlepas dari ' WYSIWYG ini.

Manusia mempunyai 5 panca indra yaitu peraba, penciuman, pengecap, pendengaran dan penglihatan. Mata sebagai alat indra penglihatan memiliki porsi dan peran terbesar diantara kelima indra. Bisa dibayangkan kalau kita buta, walaupun sebenarnya kita masih memiliki mata batin selain mata dhahir. 

Hampir semua pekerjaan kita sehari-hari diawali dengan melihat. Membaca, menulis, mengaji dll semua berawal dari melihat. Barang-barang yg kita miliki juga awalnya karena ketertarikan kita saat melihat. Ibarat sebuah bangunan, melihat  adalah pintu  pertama untuk masuk sebuah rumah.

Masih ingat adagium "Dari mana datangnya cinta dari mata turun ke hati "๐Ÿ’˜๐Ÿ˜ƒ Ingat lagunya A. Rafiq 'Pandangan Pertama'. Pandangan pertama saat saat aku berjumpa, seolah-olah impian yang berlalu.. ๐Ÿ˜€Bukankah istri kita juga diperoleh dari diawali dengan WYSIWYG ini?

Sejak dari bangun tidur sampai tidur kembali kita pasti melihat dan memperoleh sesuatu. Biasanya sesuatu itu berarti atau tidak tergantung seberapa besar manfaat dari apa yang kita dapatkan. Hari inipun sudah banyak yang anda lihat.

Pertanyaanya seberapa banyak yang anda dapat dari apa yang anda lihat ?
Kemudian seberapa besar manfaat dari apa yang telah anda dapatkan ?
Jawabnya tentu setiap orang berbeda-beda. Bagaimana dengan anda?
NUR HAKIM
NUR HAKIM Fokus adalah bagian dari kiat sukses

Posting Komentar untuk "WYSIWYG"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi