Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BUDIDAYA KURMA

HALAMAN SEKOLAH DENGAN POHON KURMA 

Umur 4 thn. (Bibit Kultur Jaringan ) 

Saat mendengar kata kurma yang terbayang dalam benak kita adalah buah yang manis rasanya, banyak dijual saat bulan ramadhan biasanya dijadikan sebagai menu pembuka buka puasa, dihasilkan dari pohon kurma yang tumbuh di padang pasir di jazirah Arab yang panas. Sulit tumbuh dan berbuah didaerah tropis seperti Indonesia dll. Itulah stigma yang sudah tertanam dalam benak kita. 

Lalu apa dan bagiamana sebenarnya kurma itu?
Kurma adalah tanaman palma dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui  karena sudah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. Buahnya dijadikan makanan pokok di daerah Timur tengah dan Afrika Utara. Wikipedia

Sebagaimana pohon jenis palm lainnya kurma bisa tunbuh dan berkembang dimana saja. Thailand sudah lama mebudidayakan kurma antara 20-30 tahun yang lalu. Bahkan sudah berskala perkebunan dan telah  menghasilkan kurma tropika yaitu kurma yang sudah bisa tumbuh berkembang dan berbuah didaerah tropis. Bibit varietas unggul yang sudah terkenal Kl-1 sudah menghasilkan buah yang manis dan banyak ditemui dipasaran. 

Di Indonesia penggiat kurma masih dalam skala terbatas. Dibeberapa daerah sudah banyak ditemui kurma yang berbuah dan usianya sudah lebih 10 tahun. Biasanya ditanam di halaman rumah, masjid, kantor, hotel dsb sebagai tanaman hias. Sementara yang sudah serius membudidayakan dalam skala perkebunan  ada disebagian daerah Aceh, Riau Sumatra, Kalimantan dan Jawa. Umurnya baru kisaran antara 3-5 tahun sehingga untuk diketahui keberhasilannya harus menunggu sekitar 3-4 lagi.

Kami di SDN kebunagung II termasuk di kelompok pertama dan kedua😄😀😀. Kelompok pertama karena hanya menanam di halaman sekolah. Kelompok kedua karena baru menanam sekitar 4 tahun yang lalu. 8 pohon dihalaman depan dan 7 pohon dihalaman belakang sekolah. 

Yang kami  tanam berasal dari biji dan bibit kultur jaringan dari Inggris. Bibit yang berasal dari biji belum tentu berbuah karena kurma ada jantan dan betinanya. Yang  bisa berbuah hanyalah yang betina, sementara yang jantan bunganya diperlukan untuk penyerbukan. Bibit Kultur Jaringan sudah pasti betina. Mari kita tunggu buahnya 2-4 tahun kedepan.

Sekarang giliran anda untuk menanam. Anda butuh bibit?. Silahkan hubungi kami https://bit.ly/n_hakim

Ingin belajar lebih lanjut tentang budidaya kurma ? Ikuti postingan berikutnya.👄😃


Bibit Kultur Jaringan umur 3 tahun.


"Menanam satu pohon berarti menyelamatkan ribuan makhluk hidup"

"Mari menanam pohon untuk anak cucu kita nanti"

NUR HAKIM
NUR HAKIM Fokus adalah bagian dari kiat sukses

Posting Komentar untuk "BUDIDAYA KURMA"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi