Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BUDIDAYA KURMA II

BIBIT KURMA



Tulisan ini merupakan lanjutan tulisan yang pertama "Halaman Sekolah dengan Pohon Kurma". Untuk menanam pohon kurma tentu yang dicari pertama kali adalah bibit kurma. Bagi yang serius ingin membudidayakan kurma dalam skala perkebunan pemilihan bibit sangatlah penting. Pemilihan bibit menentukan hasil kurma seperti apa yang diinginkan setelah berbuah nanti. Jika hanya sekedar ingin dijadikan tanaman hias jenis kurma apa saja bisa ditanam.
        

Ada 3 macam cara untuk memperoleh bibit kurma:

1. Membibit dengan biji.

2. Stek/Cangkok

3. Kultur Jaringan.

1. Membibit dengan biji.

Cara ini adalah cara yang paling murah dan gampang. Biji kita kumpulkan, bersihkan dengan benar sampai kulit ari biji kurma lepas. Lalu kita semai seperti pelajaran anak SD kelas II praktek menyemai biji kacang tanah/kacang hijau.  Kurang lebih 2 minggu akan tumbuh seperti kecambah.
  
Prosess selanjutnya adalah  bibit dipindah kemedia tanam ( poliback yang berisi tanah ) untuk dipelihara lebih lanjut agar mudah dipindah dan ditanam ditempat dimana kita akan menanam bibit tersebut. Hanya butuh waktu kurang lebih dua-tiga bulan kita sudah punya bibit kurma yang banyak...😄😊

Yang perlu diketahui tanaman kurma mempunyai jenis kelamin jantan dan betina. Tanaman dari biji baru diketahui jenis kelamin ketika berbunga. Bunga kurma jantan berwarna putih sedangkan kurma betina berwarna kuning. Butuh waktu kurang lebih 7 tahun baru diketahui jenis kelaminnya. 
 
Sementara perbandingan kemungkinan jantan dan betina 80 %: 20 %.  Jadi jika ada 10 bibit dari biji yang ditanam maka akan muncul kemungkinan 8 jantan dan 2 betina.

Hal ini berbanding terbalik dengan kebutuhan penyerbukan. 1 pohon  bunga kurma jantan bisa untuk 40 pohon kurma betina.  Tentu ini tidak efektif bagi penggiat kurma yang berskala besar/perkebunan yang mengharapkan kurma betina.

Namun belakangan ini  kurma jantan diketahui tidak hanya dibutuhkan bunganya untuk penyerbukan, tetapi  kurma jantan  bisa menghasilkan nira seperti pohon aren dan pohon  kelapa. Nira kurma bernilai jual tinggi, rasanya segar dan berhasiat. Ingin coba....😃😄😅
      


Cara menyemai dari biji

Bibit kurma usia 3 bulanan.


2. Membibit dengan Stek/Cangkok

Kurma termasuk tumbuhan yang tumbuh berkelompok dengan satu induk. Anakannya inilah yang kita pisah kemudian tanam ditempat lain.

Karakter anaknya akan sama seperti induknya. Jika indukanya betina anakannya akan betina dan berbuah. Jika indukannya laki2 maka anakannya akan berbunga dan bunganya diperlukan untuk penyerbukan.



3. Membibit dengan  Kultur Jaringan 

Budidaya kurma dengan metode kultur jaringan(dalam bahasa Inggris disebut tissue culture ) adalah cara yang paling ideal. Tidak semua orang bisa melakukannya. Hanya para ahli yang bisa melakukan. Dibutuhkan laboratorium dan ahli yang profesional yang bisa melakukannya.

Metode ini dilakukan dengan cara membudidayakan suatu jaringan dari tanaman/eksplan menjadi tanaman kecil yang sifatnya akan sama dengan induknya.  Tanaman kurma indukan sumber eksplan harus kurma kwalitas super, baik jenis, spesies dan varietasnya.

Hanya ada beberapa negara didunia yang bisa membibit kurma dengan metode kultur jaringan. Sehingga bibitnyapun sulit didapat dan harganya mahal.

Pembibitan dengan metode Kultur Jaringan

Bibit Kurma Kultur Jaringan

NUR HAKIM
NUR HAKIM Fokus adalah bagian dari kiat sukses

2 komentar untuk "BUDIDAYA KURMA II"

  1. Pesan bibit kurmanya dong juragaannn.....sesama anggota bbc siap berbagi kan bos....haha

    BalasHapus
  2. Siap bos...silahkan datang ke sekolah.

    BalasHapus
Template Blogger Terbaik Rekomendasi